Tuesday, March 19, 2013

Perlengkapan Skateboard & Fungsi nya

hello guys & girls, skateboard is a lot of fun, tapi untuk mencapai "Fun" nya itu membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan baik fisik, waktu, maupun materi. karena skateboard bukanlah olahraga yang murah, melainkan membutuhkan peralatan yang harganya pun cukup mahal.
sebuah papan skate standar bisa menelan biaya sekitar 700-800 ribu, namun dengan sesifikasi yang seminim mungkin. untuk sebuah papan skate yang bisa dikatakan "Pro" bisa menelan biaya sampai dua kali lipat nya harga yang standar.
namun kamu semua gak perlu khawatir dengan mahalnya harga skateboard, karena tanpa punya papan skate sekalipun kamu tetap masih bisa bermain skateboard dengan cara meminjam punya temen kamu. saran dari hellnone sih kamu mendingan coba buat nyicil beli perlengkapan skateboard kalau kamu emang belum mampu membeli completed skateboard, beli setiap parts nya satu persatu setiap bulan, dengan begitu dalam 6-7 bulan kamu udah punya skateboard kamu sendiri.
berikut parts dari skateboard yang bisa kamu cicil satu persatu dan kemudian di rakit :

1. Deck/Papan Skate


deck atau papan skate merupakan alat utama pada permainan skateboard,berfungsi sebagai pijakan seorang rider dan digunakan untuk melakukan berbagai macam trick.
deck memiliki berbagai macam ukuran,dari yang kecil hingga yang lebar dan panjang,ukuranya dituliskan dengan angka ex: 7.3,7.5 dst. deck juga memiliki berbagai macam jenis, ada yang tail nya lebih pendek dari nose nya, ada yang seimbang antara nose dan tail nya dan ada yang datar.
selain itu deck pun memiliki berbagai macam design gambar, mulai dari sekedar tulisan hingga sebuah graphic yang detail. harga untuk sebuah papan skate standar sekitar Rp. 375.000 - Rp. 850.000
tips: pilih lah deck sesuai dengan ukuran yang cocok dengan proporsi tubuh kamu, jangan hanya melihat dari design gambarnya saja.


2. Wheels/roda


Wheels atau roda dalam skateboarding memiliki fungsi yang sama dengan roda yang ada pada motor maupun mobil, fungsi utama nya adalah untuk membantu berjalan. yah you know lah fungsi sebuah roda kayak gimana. roda dalam skateboard ada empat buah sebagai penopang papan skate dan membantu papan skate agar bisa menggelinding, model dan ukurannya pun bervariasi. bahan pembuatan untuk roda skateboard terbuat dari polyurethane yang sudah terbukti kuat dan bisa meredam tekanan dari tubuh para riders. harga untuk satu set roda (4 buah tanpa bearing) sekitar Rp. 200.000- Rp. 400.000


3. Trucks




Trucks merupakan besi penyangga papan skate dan berfungsi pula sebagai poros dari putaran roda. peran trucks dalam skateboard sangatlah penting, selain sebagai penopang papan dan poros putaran roda, trucks juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam trick seperti '50-50 grind', 'crocked grind', 'nose grind', 'five-O', dan lain sebagainya. untuk harga sebuah trucks bervariasi, mulai dari Rp.250.000- Rp.600.000, itu tergantung dari merk, model dan bahan yang digunakan.

4. Griptape



griptape merupakan sebuah alas pada papan skate, fungsi nya untuk merekatkan kaki/sepatu pada papan skate, agar pada saat melakukan trick papan pun ikut terangkat oleh sepatu. griptape memiliki permukaan yang kasar (mirip amplas), yang ditujukan untuk memberikan Grip/cengkraman pada sepatu para riders agar tidak licin dan memudahkan dalam melakukan trick. harga selembar Griptape bervariasi mulai dari Rp. 40.000-Rp. 130.000 tergantung merk dan tingkat kekasaran.
tips : jangan melakukan trick lompatan pada papan skate yang ber-griptape tanpa menggunakan sepatu.

5. Bearings



Bearings adalah pemutar roda, sebuah roda tanpa ada bearing tidak bisa bersandar dan berputar pada trucks, selain itu bearings pun memiliki bermacam tingkat kecepatan, dituliskan dalam ukuran abec, mulai dari abec 3, sedang, abec 5, sedang, dan abec 7 cepat. semakin tinggi angkanya maka semakin licin dan cepat juga perputaran bearings pada roda. dalam satu roda membutuhkan 2 buah bearings, maka dalam satu set papan skate membutuhkan 8 buah bearings. harga satu set bearings sekitar Rp. 150.000-Rp.250.000.
tips : bearings motor pun bisa digunakan untuk roda skateboard asalkan ukurannya sama, dan harganya pun tentu lebih murah dibandingkan harga bearings yang sudah berlogo.

6. Bushing




Bushing adalah sebuah karet keras yang berfungsi sebagai penopang trucks, berfungsi pula sebagai pegas dan peredam tekanan pada trucks sehingga membuat trucks tidak mudah rusak, seperti terlihat di gambar terdapat berbagai macam bentuk bushing, itu tergantung dari bagaimana bentuk trucks yang kita miliki. bushing juga bisa di fungsikan untuk membuat jarak papan dengan roda dan tanah menjadi tinggi atau rendah. harga sebuah bushing sangat bervariasi, mulai dari sekitar Rp. 60.000-Rp. 150.000.
tips : utamakan kenyamanan, pilihlah bushing yang sesuai dengan karakter permainan skateboard kamu.

7. deck Pad




deck Pad berfungsi sebagai peredam tekanan antara trucks dan papan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau keretakan pada papan yang diakibatkan tekanan antara trucks dan papan. tidak semua riders menggunakan deck pad, ini tergantung dari kenyamanan dan cara bermain si rider tersebut, jadi deck pad tidak mutlak ada dalam papan skate. harga mulai dai Rp. 30.000-Rp.90.000
tips : untuk pemula dan yang bermodal pas-pasan disarankan menggunakan deck pad, untuk menghindari terjadinya kerusakan dini pada papan skate.


itulah beberapa items untuk merakit sebuah skateboard, kamu bisa survey dan menghitung seberapa banyak uang yang diperlukan untuk memiliki sebuah skateboard, kalaupun dana terbatas cobalah untuk menabung dan membeli setiap parts satu persatu dengan cara di cicil. ga usah keburu-buru untuk membeli sebuah papan skate sampe harus berkorban gak makan dan gak ngapel....

64 comments:

  1. kalau di majalengka bisa beli dimana?
    pengen ikut maen skateboard sama anak-anak hellnone tapi malu & belum punya skateboard nya...hehehe

    ReplyDelete
  2. sementara ini d majalengka sendiri belum ada toko yg menjual perlengkapan skateboard,dan semoga kedepanya ada yg menjual.teman-teman hellnone yang lain biasa membeli di kota tetangga seperti bandung,jakarta atau cirebon.
    untuk join dan gabung dengan hellnone cukup datang aja,bisa pinjem papan yg lain kok

    ReplyDelete
  3. sementara ini d majalengka sendiri belum ada toko yg menjual perlengkapan skateboard,dan semoga kedepanya ada yg menjual.teman-teman hellnone yang lain biasa membeli di kota tetangga seperti bandung,jakarta atau cirebon.
    untuk join dan gabung dengan hellnone cukup datang aja,bisa pinjem papan yg lain kok

    ReplyDelete
  4. sementara ini d majalengka sendiri belum ada toko yg menjual perlengkapan skateboard,dan semoga kedepanya ada yg menjual.teman-teman hellnone yang lain biasa membeli di kota tetangga seperti bandung,jakarta atau cirebon.
    untuk join dan gabung dengan hellnone cukup datang aja,bisa pinjem papan yg lain kok

    ReplyDelete
  5. kl beli roda sama bearings aja jumlahnya 16 buah itu berapa?

    ReplyDelete
  6. maksudnya 16 buah itu apanya ya gan?2 set bearing maksudnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di denpasaar bali tepatnya HELLNONE hadir dimana ni ??

      Delete
  7. Tempat membeli semua alat2 tsb diatas dmana aja gan..??

    ReplyDelete
  8. untuk saat ini perlengkapan skateboard yang disebutkan diatas bisa didapatkan di skateshop terdekat di daerah masing-masing :)

    ReplyDelete
  9. Kalo beli langsung jadi bisa kan ?
    Trs apa bedanya papan skate yg lokal sma luar ?
    Klo beli langsung jadi, gmna caranya biar kita tau barang yg kita beli bagus apa enggaknya. ???

    ReplyDelete
  10. @ritaluciyana :
    Bisa donk, perbedaan papan skate lokal sama luar sih yang jelas kalau dari sisi bentuk dan design ga jauh berbeda yah, mungkin perbedaan yang paling signifikan dari kualitas kayu buat bikin papanya itu sendiri.
    standar penilaian kualitas papan sebetulnya bisa dilihat dari lekukan papan itu sendiri, papan skate yang bagus punya lekukan diantara deck dan nose/tail, dan bila dipakai ollie/melompat suaranya akan terdengar lebih nyaring dan lompatan papan pun akan lebih tinggi.

    ReplyDelete
  11. nah rata-rata papan skate yang dijual paketan itu ditujukan untuk menekan budget pembelinya, agar bersifat lebih ekonomis, jadi otomatis perlengkapan yang digunakan pun menggunakan perlengkapan yang semurah mungkin agar harganya jadi terjangkau (mayoritas sih kaya gitu yah).

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. tiap kota biasanya punya komunitas sendiri bang,coba gabung sama mereka dan cari tau dimana mereka biasa beli skateboard.
      salam luncur :-)

      Delete
  13. kalo udah beli semuanya bagaimana cara merakitnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah beli mobil tamiya yang dirakit ga bang??
      kalo pernah berarti ga usah takut ngerakit papan skate, soalnya ngerakit papan skate itu hal yang paling gampang buat dilakuin di dunia skateboarding :) .
      1.cukup tempelkan 'deck pad' pada papan,
      2.lalu di timpa oleh 'truck' diatasnya,
      3.kemudian pasang 'bearing' kedalam 'wheel',
      4.lalu masukan 'wheel' tersebut ke batang 'truck',
      5.dan terakhir pasang 'griptape' diatas papan skate nya. BERES perkara.

      nb : persiapkan obeng, kunci pas, dan cutter untuk merakit.

      Delete
  14. Bang kalo harga skateboard yg langsung jadi kira2 berapaan ya harga nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek disini bang~> http://www.adrenalindealer.com/shop/Complete-Skateboards/95/0_1_48_null_all_0_1_id_desc/

      lumayan komplit barang sama harganya juga update

      Delete
  15. Ini dijakarta belinya dimana? .-.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. skateshop dijakarta ada di daerah mana aja ya? gue ngebet bgt mau main skate, gara gara liat X GAMES :)

    ReplyDelete
  18. mantabs...mkasih infonya
    kalau dibandung dimana yg ada jualan pengaman kaki dan tangan second tapi kualitas bagus hehehe...mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau barang second sih biasanya bisa didapet di masing-masing pengguna yah, kalau penjual khusus second kayanya masih jarang deh

      Delete
  19. kalau beraing yg bagus ngaruh gk buat trik yg kita pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bearing itu fungsinya sebagai penggerak roda, semakin tinggi angka pada tipe bearing maka putaran nya akan semakin cepat (bisa ngebut), dan jelas bisa berpengaruh bang....:)

      Delete
  20. di jakarta beli dimana gan...alamat lengkap ya gan...

    ReplyDelete
  21. bandung toko skate kumplit di mana gan

    ReplyDelete
  22. 1 paket kira2 brapa,gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. variatif bang, bisa dari 750-1,5....cek disini bang~> http://www.adrenalindealer.com/shop/Complete-Skateboards/95/0_1_48_null_all_0_1_id_desc/

      Delete
    2. bro di alamat adrenalin skate board kan rata2 900rban itu termasuk standar gk brooo????

      Delete
  23. Gan , klo gabung komunity itu utk pembelajaran skate atau apa ?
    Terus toko lengkap skateboard di CIREBON dmn ya ?? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung dengan komunitas itu banyak berarti dibanding main sendiri, kita bisa nambah teman, nambah ilmu, dan nambah wawasan.....bisa lebih jago deh pastinya

      Delete
  24. gan mau nanya klo skateboard yang di jual di gramed itu sebenernya udah bisa lngsng di pake meluncur di jalan ga yaa?? seandainya gabisa apa aja yang di ganti dari skateboardnya?? masih newbie baru mau belajar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada roda nya kan gan?ada papan nya juga kan?kalau kelengkapan nya udah sesuai sama yg dijelasin d artikel ini berarti udah bisa meluncur.
      nb: papan skate yg di gramed biasanya partnya minim banget gan,bahkan bisa dibilang kurang mumpuni,tapi kalau buat belajar first step aja sih ga masalah.

      Delete
    2. Gan kalau yg di ace hardware itu gmna ? Bisa buat ngeluncur gk udh lengkap kok setnya kalau bannya gk keras gtu atau kayk gimana gtu itu mslh gk gan please info mash new ni mainya

      Delete
  25. kang kalo belum punya papan tapi pengen belajar gimana kang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini salah satu manfaat gabung sama komunitas, kalo ga punya papan, kita bisa coba gabung aja sama komunitas di lingkungan masing-masing....sok-sok akrab dikit juga ga apa-apa biar kita bisa pinjem papan dan belajar langsung sama yang udah bisa :)

      Delete
  26. gan mau nanya , skateshop di indonesia yang menjual papan element dimana ya ?

    ReplyDelete
  27. kalau d cirebon dmana bang
    kirimin alamatnya donx

    ReplyDelete
  28. kalau di daerah tangerang adanya dimana
    and beli trucks,griptape,sama bushing dimana

    ReplyDelete
  29. bro itu yg di gambar trucks harganya berapa??

    ReplyDelete
  30. Permisi Gan, Ane mau nanya nih...
    Kalo mau beli skateboard fullset di jakarta barat dimana nya yah?
    Ane mau beli,tapi bingung mau beli dimana,akhirnya searching dulu di google.
    Kalo mau beli via online,Ane agak khawatir (Ga percaya).
    Ane pengen nya datengin langsung ke toko. Lihat barang nya langsung.
    Mohon jawabannya ya Gan :)

    ReplyDelete
  31. ane mau na'a tko langganan kk dmna ?
    biasanya klo uda langganan org professional kan bner" bagus

    ReplyDelete
  32. gan gw bisa ikutan hellnoskate gk? gw mau buka cabang kalo bisa di BandungTimur,terus gw juga jual skate bekas kondisi 50% tinggal nge griptape 120k aja dah,skatenya udah gw set buat belok kiri kanan jadi kalo keteken sedikit langsung belok gitu :D thanks gw RIZAL 087824069292

    ReplyDelete
  33. Bang Kalo di jakarta daerah mana?

    ReplyDelete
  34. Bang, ada yang kurang..
    Hardware belum. B-)

    ReplyDelete
  35. gan kalau beli truck yang 400 sama griptape yang bagus di bandung itu di mana yah ?
    sama merk trucknya apa yah ?

    ReplyDelete
  36. gan beli skateboard di daerah jkarta barat dimana yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cb d jaksel, tepatnya d radio dalam dkt bank mandiri, namanya MSD

      Delete
  37. bang, ane punya skateboard murahan yg harganya kisaran 120. dipake lama trus trucknya patah
    diganti truck bisa engga yah, mmakasih :)

    ReplyDelete
  38. GAN.kalau pake bearing motor ukurannua berapa yah ...trus ganti griptape yg mudah tuh gmba caranya

    ReplyDelete
  39. saya pemula,apa di toko bangunan ada grid tape ya?

    ReplyDelete
  40. kalo skateshop di lampung tengah ada kah?

    ReplyDelete
  41. gan jual skatetrainer juga ga? klo ada info yakk

    ReplyDelete
  42. Mas tempatnya di mana majalengkanya ya ? Saya mau ikut tapi malu belum bisa

    ReplyDelete
  43. Gan kalo di bandung di sekitar mana bandung nyq ???ty :v

    ReplyDelete
  44. tempat ngumpulnya dimana bang?

    ReplyDelete
  45. Kalo di pekanbaru dmna gan yang ada?

    ReplyDelete
  46. Gan mau tanya keungulan roda karet tu apa gan dibanding roda yang plastik

    ReplyDelete
  47. Bro, ini skate gwa berisik bener kalo buat di aspal, apa ya masalahnya?

    ReplyDelete